Senin, 15 April 2013

Melatih Si Kecil Membaca



Membaca itu menyenangkan, asal.....

Jika anda kesulitan mengajarkan anak gemar membaca, mungkin anda bisa memulainya dengan menciptakan rumah gemar membaca. yuk ikuti tips berikut ini :

  1. Yang pertama di ingat adalah jangan pernah memaksa anak-anak membaca banyak bacaan.
  2. Biarkan mereka membaca sedikit dirumah pada awalnya daripada mereka membaca banyak karena kita memaksanya.
  3. Anak meniru apa yang orang tua dan orang terdekatnya lakukan. Maka cara mudah untuk menumbuhkan minat baca anak ialah dengan sering-seringlah anda membaca. Dengan begitu anak akan melihat bahwa membaca itu menyenangkan.
  4. Luangkan waktu untuk membacakan cerita untuk anak, namun sebelum membaca pahami terlebih dulu supaya bisa melakukan improvisasi saat menyampaikan pada anak.
  5. Untuk mempersiapkan anak berusia 3-4 tahun (usia prasekolah) menjadi pembaca andal ialah dengan mendampinginya bersama anda setiap saat, untuk menghindarinya mendapat kesulitan saat di sekolah.
  6. Ketika sedang berjalan disekitar rumah atau setiap kali bepergian, setiap ada spanduk warna-warni ajaklah anak untuk membaca kata-kata di dalamnya.
  7. Berikanlah anak-anak bahan bacaan yang mudah untuk dinikmati dan menyenangkan dan buatlah mereka merasa telah menjadi pembaca yang baik dengan menanyakan pendapat tentang buku yang mereka baca. Dan jika anda mengetahui buku apa yang mereka suka, berusahalah untuk mencari dan memberikan kepada mereka.
  8. Berikan buku dan majalah sesuai umur mereka, dengan gambar dan warna yang menarik. Cobalah untuk sekali-kali memintanya memilih buku atau majalah untuk mengetahui minatnya.
 Bagaimana bunda...mari kita coba ya untuk si kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar